Selalu Pahami Barang Sebelum Melakukan Ekspor

admin 0
Selalu-Pahami-Barang-Sebelum-Melakukan-Ekspor

jasaimportmurah – Tidak semua barang dapat diekspor secara gratis. Ada beberapa barang yang dilarang dan dibatasi untuk ekspor. Inilah yang biasa disebut Lartas (Larangan dan Pembatasan). Maka hal ini sangat penting diketahui oleh anda. Jangan sampai kita sudah mempersiapkannya dengan baik, tapi dicegah oleh Lartas ini.

Lartas dilakukan tergantung pada kebijakan perdagangan pemerintah Indonesia. Selain itu, kita juga perlu melihat. Selain kebijakan ekspor pemerintah Indonesia, kita juga perlu melihat kebijakan impor dari pemerintah negara tujuan ekspor kita. Disini kita akan membahas dulu kebijakan Lartas dari pemerintah Indonesia.

Barang Yang Dilarang di Ekspor

Mengapa ada barang yang dilarang diekspor? Pada dasarnya kebijakan penetapan barang yang dilarang untuk diekspor dilakukan dengan alasan melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum (termasuk sosial, budaya, dan moral masyarakat; hak kekayaan intelektual (HAKI); dan / atau kesehatan dan keselamatan manusia. , hewan, ikan, tumbuhan, dan lingkungan.

Kebijakan pelarangan barang ekspor ditetapkan oleh Menteri Perdagangan berdasarkan rekomendasi menteri atau kepala lembaga pemerintah non kementerian. Saat ini, kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 45 Tahun 2019 yang berlaku efektif mulai 21 Juli 2019. Ada empat bidang yang melarang ekspor barang, yaitu:

1. Ekspor barang terlarang di sektor pertanian

Pertanian negara kita sangat kaya. Pertanian sebenarnya merupakan kekuatan negara kita yang bertumpu pada petani dengan luas tanah yang luas dan tanah subur Indonesia. Oleh karena itu, ada beberapa produk pertanian yang perlu dilestarikan sehingga dilarang untuk diekspor. Produk ini merupakan karet yang sangat dibutuhkan oleh banyak industri manufaktur. Namun yang dilarang untuk diekspor hanya karet alam dalam bentuk lain (Kode HS 40.01.29) selain lembaran asap (karet lembaran asap bergaris).

2. Ekspor barang terlarang di sektor kehutanan

Sama seperti pertanian, Indonesia juga memiliki hutan yang sangat kaya. Inilah mengapa produk kayu kami menjadi andalan Indonesia. Namun untuk mengawetkannya, ada beberapa produk yang dilarang untuk diekspor. Di bidang kehutanan, barang yang dilarang untuk diekspor antara lain bantalan rel / trem yang terbuat dari kayu dan rotan.

3. Ekspor barang dilarang di sektor pertambangan

Pertambangan juga merupakan komoditas yang diproduksi oleh Indonesia. Karena sifatnya yang tidak dapat diperbarui, sangat penting bagi pemerintah kita untuk menjaga ketersediaannya. Oleh karena itu, ada beberapa hasil tambang yang dilarang untuk diekspor. Di bidang pertambangan, barang yang dilarang untuk diekspor antara lain produk pasir alam, tanah liat, dan bahan mineral yang dilarang untuk diekspor.

4. Ekspor barang yang dilarang di bidang cagar budaya

Tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia memiliki budaya dan sejarah yang sangat beragam. Inilah mengapa negara kita menjadi salah satu pusat koleksi benda cagar budaya.

Sebenarnya ada barang-barang terlarang lainnya seperti produk migas, batubara dan prekursor non farmasi. Segera cek kebijakan Lartas untuk produk ekspor anda, dilihat dari Kode HS. Kurang lebihnya itulah yang bisa kami jelaskan mengenai barang apa saja yang dilarang ekspornya. Semoga dapat membantu dan mengingatkan anda dalam memilih barang ekspor. Tapi ingat, kebijakan Lartas selalu berkembang atau berubah. Jadi pastikan untuk selalu mengecek polis produk berdasarkan Kode HS. Kemudian, pastikan kembali bahwa kita mengekspor barang dengan nilai jual tinggi, agar tidak merugikan kekayaan dan ketersediaan negara kita untuk konsumsi dalam negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *